Palu Kota Pangkalan Kapal Selam Indonesia

Palu-kota-pangkalan-kapal-selam-indonesia
Dalam sejarah pada waktu operasi Trikora, pembebaan Irian Barat dari Belanda, Teluk Palu pernah menjadi tempat berlabuhnya 4 kapal selam Indonesia yang dibeli dari Uni Soviet. Ke-4 kapal selam itu bernama : KRI Cakra, KRI Nanggala, KRI Bramasta dan KRI Tjandrasa. 
 
Sebetulnya sejak era presiden Pertama Indonesia, Soekarno, Palu dicanangkan menjadi kota pangkalan kapal selam Indonesia karena letaknya yang strategis dan diapit oleh teluk-teluk yang dalam.  Tahun 2012 pembangunan pangkalan khusus kapal selam di Teluk Palu mulai dilaksanakan kembali. Tahun ini tentu saja sudah rampung.  Sebanyak 12 kapal selam yang dibeli dari Korea Selatan akan berlabuh di pangkalan kapal selam TNI AL seluas 13 hektar di Kelurahan Watusambu, Kota Palu.
 
Palu memang sangat cocok dijadikan kota pangkalan kapal selam Indonesia karena strategis dan memiliki potensi maritime yang banyak.   Saat ini pembangunan pelabuhan dan dermaga di Palu sebagai jembatan antara Sulawesi Selatan ke Sulawesi Utara sudah semakin baik.  Sukses bagi TNI AL menjadikan Palu Kota Pangkalan Kapal Selam Indonesia. 
 
Sumber : JMOL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>