Asuransi Pembangunan Kapal – Builders’ Risks Insurance

Asuransi Pembangunan Kapal – Builders’ Risks Insurancemenjamin segala risiko yang mungkin terjadi sehubungan dengan dengan pembangunan atau pembuatan kapal from laying of keel to completion termasuk risiko peluncuran, termasuk percobaan pelayaran, dan juga penyerahan kepada principal di pelabuhan tujuan.

Wording polis yang biasa digunakan adalah “Institute Clauses for Builders’ Risks (1/6/88) – CL.351” yang dikeluarkan olehInstitute London Underwriters

 

Risiko apa saja yang dijamin?

Berdasarkan tahapan-tahapan pembangunan kapal, secara garis besar risiko-risiko (perils) yang dihadapi (atau dalam bahasa lain yang dijamin) dalam polis Builders’ Risks Insurance dapat dibagi menjadi sebagai berikut:

  1. Tahapan Pembangunan Kapal (Construction)

Dapatkah anda bayangkan bagaimana ratusan atau ribuan ton plat baja ditempa dan dilas dijadikan bentuk sebuah kapal?? Risiko utama yang dihadapi pada masa konstruksi tentu saja adalah bahaya api atau kebakaran, disamping risiko lainnya seperti kerusuhan, huru hara, banjir angin topan gempa bumi, dan tsunami, dan lain-lain.

  1. Tahapan Peluncuran (Launching)

Tahapan berikutnya yang kritis adalah peluncuran, karena bisa saja terjadi kesalahan atau kegagalan dalam peluncuran (failure to launch) yang dapat berakibat kerusakan serius atau patah.

  1. Tahapan Percobaan Pelayaran (Sea Trials)

Sea Trials adalah tahapan yang tidak kalah kritisnya dimana machinery, equipment dan navigation tools dites, apakah dapat berfungsi dengan baik atau tidak, apakah pelayaran dapat dilakukan dengan sempurna. Sea trials biasanya dilakukan dengan jarak navigasi tidak lebih dari 250 nautical miles dari port

  1. Tahapan Penyerahan (Delivery to Owners)

Jika kapal telah dinyatakan “Lulus” maka tahapan Delivery to Owners tidak lebih dari sekedar pelayaran singkat saja, risiko yang dihadapi tentunya hanya bergantung kepada jauhnya jarak yang akan ditempuh dan perils of the seas.

 

Pollution Hazard

Asuransi Builders’ Risks menjamin biaya-biaya yang harus dikeluarkan atas perintah pihak yang berwenang untuk mencegah atau mengurangi bahaya polusi yang disebabkan oleh kerusakan atau kerugian pada kapal.

Faulty Design

Asuransi Builders’ Risks menjamin kerusakan atau kerugian yang disebabkan oleh kesalahan design (Faulty Design)dari suku cadang atau parts yang dipergunakan dalam pembangunan kapal tsb.

General Average and Salvage

Seperti halnya Asuransi Kapal dan P&I, Asuransi Builders’ Risks juga menjamin kontribusi salvage, salvage charges dan General Average

Collision Liability

Builders’ Risks Insurance juga menjamin tanggung gugat hukum akibat tabrakan (Collision Liability) dengan kapal atau benda lainnya serta biaya-biaya hukum, pengacara atau pengadilan sehubungan dengan klaim tersebut.

Protection and Indemnity (P&I)

Selain menjamin Collission Liability Builders’ Risks Insurance juga menjamin Protection and Indemnity (P&I) seperti Third Party Property Damage and Bodily Injury cidera badan, sakit atau kematian juga menjamin biaya-biaya hukum, pengacara dan pengadilan. Tentu saja tidak menjamin Cargo Liability karena kapal masih dalam pembangunan dan seharusnya (biasanya warranty) tidak mengangkut barang atau penumpang kecuali crews

Sue and Labour

Adalah kewajiban pihak Tertanggung, perwakilan atau agennya untuk melakukan segala upaya untuk mencegah atau memperkecil kerugian dalam hal terjadi misfortune, biaya-biaya yang dikeluarkan oleh Tertanggung sehubungan dengan upaya pencegahan tersebut dijamin dalam polis.

 

Risiko yang tidak dijamin

Risiko Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami, biasanya merupakan jaminan tambahan dalam pois Builders’ Risks Insurance, begitu juga dengan risiko Perang, Kerusuhan, dan Huru Hara (War, Strikes, Malicious Acts) Namun untuk risko Nuclear and Terrorism biasanya tetap termasuk risiko yang tidak dijamin.

 

Pembangunan Kapal apa saja yang bisa diasuransikan?

Hampir semua jenis kapal bisa diasuransikan, mulai dari pembangunan kapal kargo, kapal container, bulk carriers, kapal tanker, kapal penumpang, LCT, Yacht, Tug Boat, Barge dan lain-lain

  • General Cargo Ships
  • Container Ships
  • Bulk Carriers
  • Gas Carriers
  • Passenger Ships
  • Ferry; Roro
  • Heavy Lift
  • Tanker
  • Tug Boats
  • Barges
  • Pilot Boat
  • Survey & Research Ships
  • Fishing Ships
  • Towing & Salvage
  • Yacht
  • Speed Boat
  • War Ships
  • Etc

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>