KMP-BRR

Tarif Mudik Ferry Penyeberangan Malam Hari Naik 200 Persen

KMP-BRR

Tarif penyeberangan kapal ferri pada malam hari akan dinaikkan dua kali lipat dibandingkan dengan tarif penyeberangan pada siang hari. Hal tersebut merupakan langkah yang akan diambil oleh PTASDP Indonesia Ferry untuk mengurai kemacetan di pelabuhan pada musim mudik lebaran tahun ini.

“Perbedaan tarif malam bisa mencapai dua kali lipat dari tarif siang atau 200% yang akan diberlakukan sejak H-4 sampai H + 1 lebaran tahun ini,” ujar Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Danang S. Baskoro, selasa (9/6).

Danang mengatakan, penerapan dua model tarif tersebut akan diberlakukan di semua pelabuhan ASDP di Indonesia. Langkah inipun diambil berdasarkan hasil evaluasi dimana pemudik lebih memilih menyeberang pada malam hari yang menyebabkan pelabuhan penyeberangan sesak pada malam hari.

“Kebijakan ini telah disetujui Menteri Jonan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Danang memaparkan, kapasitas terisi penumpang pada siang hari hanya sebesar 10%. Oleh karena itu, dia mengambil alternatif dengan membedakan pelayanan pada malam dan siang hari.

“Kalau mau nyaman dan nikmat ya harus bayar lebih, sehingga yang tidak mau bayar lebih bisa melakukan penyeberangan siang hari,” tandasnya.

Pada musim mudik lebaran tahun ini, PT ASDP telah menyiapkan 213 unit kapal di 16 unit pelabuhan penyeberangan. Adapun beberapa pelabuhan penyeberangan diantaranya di Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Lombok dan Sumbawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>