kapalpetikemas

Pelayaran Nelly (NELY) Siapkan Rp 140 Miliar untuk Beli Empat Set Kapal

PT Pelayaran Nelly Dwi Putri Tbk (NELY) menyiapkan alokasi belanja modal sekitar Rp 120 miliar hingga Rp 140 miliar. Jumlah tersebut mayoritas untuk penambahan kapal tongkang dan tugboat.

Tjahja Tjugiarto, Direktur Utama NELY menjelaskan bahwa perusahaan akan mendatangkan 4 set kapal tongkang dan tunda tahun ini. Dua set kapal sudah terealisasi di semester I tahun ini dan sisanya di paruh kedua tahun ini.

“Dua terakhir itu akan kami beli yang jumbo karena itu harganya 10% lebih mahal. Kami alokasikan sekitar Rp 120 miliar sampai Rp 140 miliar untuk pembelian kapal tahun ini,” ujarnya di Jakarta, Selasa (28/5).

Asal tahu saja, untuk investasi pembelian satu set kapal ukuran 300 feet berkisar Rp 35 miliar sehingga total sampai Mei perusahaan sudah merealisasikan dana belanja modal Rp 70 miliar. Penambahan kapal dilakukan untuk antisipasi demand yang ada khususnya untuk pengangkutan kayu.

“Saat ini kami punya kapal tunda totalnya 22 unit, tongkang totalnya 24 unit, ditambah kapal kontainer 1 unit dan tongkang kontainer 1 unit,” lanjutnya.

Dirinya menjelaskan seluruh armadanya saat ini terutilisasi dengan baik, hanya ada 4 set kapal tongkang dan tunda yang dilakukan dry docking. Sedangkan sisanya melayani kontrak pengangkutan kayu dan batu pasir dengan utilisasi penuh.

sumber: kontan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>