marine-cargo

PEMERINTAH FOKUSKAN 4 PROGRAM SEKTOR MARITIM

marine_insurance

Pemerintah di bawah mentri koordinator kemaritiman Indroyono Soesilo akan memfokuskan 4 program kerja di sektor kemaritiman. Ke-empat fokus tersebut adalah Peneguhan Kedaulatan Maritim, Pemanfaatan Sumber Daya, Pembangunan Infrastuktur, serta Pengembangan Inovasi dan Teknologi Maritim. Ke-4 Program tersebut adalah:

  1. Upaya peneguhan Kedaulatan Maritim Indonesia, dengan cara menyelesaikan batas-batas wilayah laut dengan mengoptimalkan riset dan data oseanografi. Saat ini Indonesia sudah memiliki 10 kapal riset, diantaranya kapal riset Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPTP), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Kementrian Kelautan dan Perikanan, Serta angkatan Laut. Lalu, meningkatkan kesejahteraan maritim di wilayah perbatasan dan pulau-pulau terluar diindonesia. Dalam hal keamanan dan keselamatan maritim, pemerintak akan segera membentuk Badan Keamanan Laut (BAKAMLA) yang mengintegrasikan komando control komunikasi dan informasi system monitoring kapal, serta radar milik perhubungan laut, dan Polri.
  2. Pemanfaatan Sumber Daya, Program Pemanfaatan Sumber Daya ini dijalankan dengan upaya pemanfaatan sebesar-besarnya Sumber Daya Alam dan Jasa Maritim, mencakup Sumber Daya Alam Hayati dan Nonhayati. Lalu, pemanfaatan pariwisata bahari pemerintah berencana membangun 7 lokasi marina untuk menambatkan kapal, diantaranya Kupang, Ambon, Labuan Bajo, dan Tanjung Pinang. Ditargetkan akan meningkatkan wisatawan Mancanegara dari 10 juta menjadi 20 juta pada tahun 2019.
  3. Pembangunan Infrastruktur, meliputi Pelabuhan,Kapal, dan Galangan kapal. Untuk menjalankan program ini pemerintah mengalokasikan anggaran tambahan tahun 2015 sebesar Rp 15,9 triliun. Lalu, secara bertahap pemerintah akan mendorong penyediaan listrik 35.000 megawatt dengan total biaya Rp 400 triliun melalui kemitraan perusahaan Indonesia dengan mitra luar negri.
  4. Pengembangan Inovasi dan Teknologi, Pemerintah akan terus membawa Indonesia sebagai bangsa bahari melalui inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan terus melakukan riset untuk mencapai inovasi dan teknologi terbaru.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>