pelabuhankapal_asuransikapal

INSA Optimistis Tarif Kepelabuhan Kembali Normal

Indonesian National Shipowners Association (INSA) menilai tarif kepelabuhanan akan kembali normal dan wajar seiring diterbitkannya Peraturan Menteri Perhubungan (PM) Nomor 121/2018.

Beleid tersebut mengatur perubahan atas aturan sebelumnya, yakni PM Nomor 72/2017 tetang jenis, struktur, golongan, dan mekanisme penetapan tarif jasa kepelabuhan.

Ketua Umum DPP INSA, Carmelita Hartoto, mengatakan, PM Nomor 121/2018 merupakan revisi atas PM Nomor 72/2017 dan dalam proses penyusunan PM121 juga telah melibatkan pelaku usaha pelayaran yang menjadi pihak pengguna jasa dan operator pelabuhan mulai dari PT Pelindo I-IV.

“PM 121 tahun 2018 merupakan revisi dari aturan PM 72 tahun 2017 yang akan membuat mekanisme hitungan akan kembali wajar dan normal,” kata Carmelita dalam keterangan resminya, Jumat (25/1).

Menurutnya, beban biaya kepelabuhanan yang tertuang dalam PM 72 dinilai tidak wajar dan memberatkan operator pelayaran. Salah satunya, terkait mekanisme penghitungan tarif penggunaan kapal tunda mengakibatkan kenaikan biaya kepelabuhanan. Namun dengan adanya PM 121 diharapkan biaya kepelabuhanan kembali wajar dan normal.

“PM 121 ini juga menetapkan bahwa badan usaha pelabuhan (BUP) dalam menetapkan tarif jasa, wajib melibatkan persetujuan asosiasi terkait, termasuk di dalamnya juga INSA, karena untuk jasa petikemas dan muatan berbahaya, pihak pelayaran harus membayar terlebih dahulu,” sebut Carmelita.

sumber: beritasatu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>