asuransi kapal_aca

Pelita Samudera Shipping Lakukan Pembelian Dua Unit Armada Kapal

PT Pelita Samudera Shipping Tbk (PSSI) melakukan pembelian dua unit kapal antara lain satu unit Kapal Induk kelas Handysize dan satu unit Kapal Tunda.

Serah terima kedua unit tersebut telah dilakukan di penghujung 2018. Sehingga, dengan demikian memiliki total armada sebanyak 80 unit, yang terdiri dari 38 unit Kapal Tunda, 37 unit Tongkang, tiga unit Fasilitas Muatan Apung dan dua unit Kapal Induk (MV) kelas Handysize.

“Penambahan armada menunjukkan komitmen berkelanjutan untuk melayani basis pelanggan yang lebih besar dalam menggarap potensi pasar logistik yang baru di Indonesia, seiring usaha pemerintah menggenjot infrastruktur berbasis maritim seperti pembangunan beberapa pelabuhan baru, bangkitnya industri pengolahan mineral dan tambahan pembangkit milik PLN, yang pada gilirannya akan meningkatkan permintaan industri logistik di tanah air,” kata Sekretaris Perusahaan PSSI, Imelda Agustina Kiagoes di Jakarta, Rabu (9/1/2019).

Ia mengatakan, perseroan berinvestasi sekitar US$9,7 juta untuk satu unit MV Handysize (32.000 dwt) (termasuk perlengkapan tambahan dan bendera) dan menamakan MV baru ini “Dewi Ambarwati”. Penambahan satu unit Kapal Tunda (2×1.200 hp) yang diberi nama “JKW Mahakam VII” untuk menambah kekurangan kapal selama ini, seiring dengan tingginya permintaan pengangkutan batubara.

“Berkat arus kas perseroan yang kuat serta strategi optimisasi aset, kami masih belum menggunakan pembiayaan eksternal untuk investasi armada di 2018,” ungkap Imelda.

Adapun pada tahun ini perseroan berencana menghabiskan antara US$40 juta sampai US$50 juta untuk belanja modal, terutama pembelian kapal tunda dan tongkang dan kapal induk, tergantung perkembangan dan kondisi pasar.

“Dalam mendukung program ekspansi di tahun ini, perseroan telah menyiapkan rencana strategis mengoptimisasi kapasitas posisi keuangan sesuai dengan target menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan dan nilai tambah yang lebih tinggi bagi para pemegang saham,” tegasnya.

sumber: industry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>