Awas! Kelebihan Berat Kargo Berakibat Kapal Tenggelam

 

Masih ingat peristiwa naas yang terjadi pada sebuah kapal Feri milik Korea Selatan di bulan April 2014 yang lalu? Bencana yang menewaskan lebih dari 260 orang ini disebabkan sebagian oleh kelebihan berat muatan kargo yang dibebankan pada kapat tersebut ditambah lagi dengan kegagalan dalam mengikat kargo itu dengan benar. Hal ini dinyatakan oleh penyidik Korea Selatan yang meyakini bahwa tenggelamnya Sewol Feri dengan menewaskan 467 korban jiwa penumpang dan awak kapal tersebut dan sudah termasuk didalamnya 300 siswa SMA yang sedang melakukan field trip saat peristiwa itu terjadi.
Pihak berwenang yang menyelidiki kargo mengatakan bahwa beratnya lebih dari dua kali lipat kemampuan kapal. Kargo itu tidak terikat dengan baik dan barang yang ikatannya longgar semakin menyebabkan kapal tenggelam, kata jaksa senior Yang Joong Jin. Penyidik telah menyelidiki kemungkinan kapal terbalik karena kargo bergeser dan memaksa kapal kehilangan keseimbangan.
Perjalanan ini adalah bukan pertama kalinya feri ini memiliki kelebihan kargo, demikian disampaikan tim investigasi gabungan. Sejak Sewol memulai rute perjalanan Incheon – Jeju pada bulan Maret 2013, feri ini sudah 139 kali membawa kelebihan muatan, kata peneliti. Cheonghaejin Marine Co meraih ekstra 62 juta won Korea Selatan (US $ 62.000) untuk kelebihan muatan pada pelayaran tanggal 16 April, dan hampir memperoleh 3 miliar won Korea Selatan (US $ 2.900.000 ) keuntungan tambahan bagi semua kelebihan kargo yang feri yang mereka lakukan sejak bulan Maret 2013, kata peneliti.
Sungguh sangat membahayakan seluruh penumpang dan kapal itu sendiri apabila terjadi kelebihan muatan dan tidak mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh pihak kelautan. Oleh karena itu penting sekali bagi bagi pemilik kapal dan juga pemilik barang saat mengirimkan barang melalui angkutan laut untuk memberikan perlindungan asuransi baik berupa asuransi rangka kapal atau asuransi marine hull dan asuransi marine cargo untuk memberikan perlindungan saat pengiriman barang menggunakan kapal laut. Besaran premi yang harus dibayarkan oleh pemilik kapal atau pemilik barang tidak sebanding dengan kerugian yang harus diderita saat musibah terjadi. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Gaby Young di gabyyong.aca@gmail.com atau 0856-7177-306 atau Sharon di acaasuransimobil@gmail.com atau 0821-9820-7682.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>