sertifikasi kapal

Bulan Depan, IPCM Gelar Keel Laying 4 Kapal di Batam

Konstruksi empat kapal tunda milik PT Jasa Armada Indonesia Tbk., anak usaha PT Pelabuhan Indonesia II/IPC senilai hampir Rp224 miliar akan dimulai bulan depan.

Direktur Utama PT Jasa Armada Indonesia Tbk. (JAI) Dawam Atmosudiro Awal konstruksi akan ditandai dengan prossesi peletakan lunas kapal atau keel laying di galangan kapal Batam.

“Bulan depan kami selamatan untuk bangun [kapal]. Memang pada start harus disaksikan oleh beberapa pihak, termasuk Ditjen Perhubungan Laut. Kami mesti declare, termasuk ke media,” kata saat berkunjung ke redaksi Bisnis Indonesia, Kamis (18/10/2018).

Menurutnya, JAI telah menandatangani perjanjian pengadaan 4 unit kapal tunda minimal daya 2×2.200 HP tipe Azimuth Stem Drive (ASD) dengan PT Citra Shipyard, galangan kapal di Batam pada bulan lalu.

Dia menambahkan pembangunan kapal akan menggunakan dana yang diperoleh anak perusahaan Pelindo II itu dari melantai di bursa (IPO) dengan kode saham IPCM.

Dia menjelaskan pembangunan kapal itu mempunyai beberapa tujuan. Pertama, meningkatkan pelayanan jasa pemanduan dan penundaan kepada pemangku kepentingan.

Kedua, mendukung kelancaran operasional dan performa pelayanan kepada pengguna jasa sesuai Peraturan Menteri Perhubungan No 57/2015 tentang Pemanduan dan Penundaan.

Ketiga, memperkuat armada JAI untuk mendukung pengembangan pelabuhan di lingkungan Pelindo II pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Keempat, mengembangkan usaha JAI dengan melakukan kerja sama usaha dengan pihak lain.

Sampai akhir 2017, JAI memiliki 75 unit kapal yang terdiri atas 30 kapal pandu, 35 kapal tunda, dan 8 kapal mooring.

sumber: bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>