Asuransi Marine Cargo

marine-cargo.jpg
Seputar Asuransi Pengangkutan Barang
Pengangkutan barang dari satu tempat ke tempat lainnya di nusantara Indonesia maupun di seluruh dunia baik lewat laut, udara maupun darat sangatlah berisiko.  Risiko yang dialami antara lain barang rusak, hilang, dicuri dan lain sebagainya dalam perjalanan.  Oleh karena itu dibutuhkan Asuransi Pengangkutan Barang (Marine Cargo Insurance).
Apa saja yang bisa diasuransikan?
Barang-barang dagangan, mesin, bahan baku, barang cair, barang curah yang dikirim melalui angkutan udara, laut dan darat.  Selain itu uang tambang (freight) serta keuntungan yang diharapkan (imaginair profit).
Risiko-risiko apa saja yang dijamin?
Kerugian atas barang-barang yang diangkut dari satu tempat ke tempat yang lain yang disebabkan oleh tergelincirnya alat angkut atau keluar dari rel bila diangkut melalui darat.  Bila menggunakan alat angkuta laut, risiko yang dijamin adalah kebakaran, kapal kandas, kapal tenggelam, pembongkaran barang di pelabuhan darurat, pembuangan atau terlemparnya barang ke laut, gempa bumi, letusan gunung berapi, petir dan tsunami.
Jaminan tambahan?
Marine Cargo Clause A umumnya memberikan jaminan tambahan untuk:
1.  Jaminan dari Gudang ke Gudang (warehouse to warehouse)
2. Jaminan bongkar muat (loading and unloading)
3. Jaminan General Average
4. Jaminan perang, pemogokan, kerusuhan dan huru hara  (war, strikes, riots and civil commotions)
5. Jaminan pencurian, bajing loncat dan tidak terkirim (thef, pilferage and non delivery)
Risiko-risiko apa saja yang tidak dijamin?
Risiko-risiko yang tidak dijamin antara lain : kerugian atau kerusakan yang disebabkan oleh kesengajaan tertanggung; kondisi yang normal seperti kebocoran, susut berat atau susut isi, robek, aus; pengepakan tidak standar; alat angkut tidak layak beroperasi; perang dan sejenisnya; pemogokan buruh, kekacauan dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>