pembangunankapal

Bahan Pembuat Kapal Laut

Kapal merupakan salah satu moda transportasi yang menggunakan laut sebagai sarananya. Namun penggunaan kapal tak sebatas pada moda transportasi saja, ada juga pemanfaatan kapal sebagai kapal laut, kapal perang, pesiar, dll.

Namun apakah Anda tahu dari bahan apakah kapal tersebut dibuat, kapal yang memiliki bobot yang besar tetap dapat mengapung di atas air. Hal ini karena kapal memiliki berat jenis yang lebih ringan dari air laut, selain itu faktor pemilihan bahan juga menjadi faktor pentingnya.

Lantas apa sajakah bahan pembuat kapal laut yang banyak digunakan, berikut adalah beberapa bahan pembuat tersebut :

Bahan Kayu

Kayu yang biasa digunakan untuk menjadi bahan pembuat kapal adalah kayu jati, kulim, merbau dll. Peralatan yang modern tidak diperlukan dalam pembuatan kapal yang menggunakan bahan kayu, biasanya pembuatan dikerjakan oleh para pengerajin kapal.

Namun kayu yang digunakan untuk membuat kapal juga harus memenuhi syarat sebagai berikut :

– Tahan terhadap serangan hama / serangga

– Tahan terhadap pengaruh suhu dan kelembaban seminimal mungkin

– Kayu harus dapat dilengkungkan dan tidak terlalu getas (tidak mudah patah) dengan serabut yang padat

– Tahan terhadap suhu hingga 110°C

– Berat jenis maksimal 0,8 C

– Ukuran panjang minimal kayu adalah 6 meter dan berdiameter 40 cm

2. Serat Plastik / Fibre Glass

Fibre glass yang digunakan dalam pembuatan kapal paling tidak harus memiliki komponen sebagai berikut :

– Penggunaan resin adalah sebagai bahan perekat (persenyawaan) dan pelarut lembaran mat (serat plastik)

– Acelerator merupakan cairan yang dicampur dengan cairan resin sebagai bahan pengeras

– Catalist merupakan katalisator pembeku

– Serat Mat merupakan lembaran serat plastik (Fibre Glass Reinforced Plastik) yang akan larut atau bersenyawa dengan larutan resin

Karena kekuatan bahan yang tidak sekuat baja maka bahan ini tidak digunakan sebagai konstruksi kapal. Bahan ini biasanya digunakan sebagai bahan bodi kapal maupun bagian lainnya.

3. Kombinasi Kayu dan Serat Plastik.

Penggunaan bahan ini adalah untuk bahan pelapis pada lambung kapal, selain itu bahan ini juga digunakan sebagai pelindung kayu. Kayu yang dilapisi menggunakan bahan ini akan mendapatkan keuntungan sebagai berikut :

– Kayu akan lebih awet

– Proses pelapukan atau pembusukan kayu akan berkurang

– Sifat muai-susut dari kayu akan berkurang

– Kayu tidak mudah terbakar

4. Baja

Salah satu logam yang keras ini banyak digunakan sebagai konstruksi kapal. Meskipun memiliki tingkat kekerasan yang baik berdasarkan pengukuran menggunakan hardness tester namun baja digunakan dalam pembuatan kapal terutama bagian rangka.

Alat Ukur Kekerasan

Segi lain yang menguntungkan dari pemakaian baja ini adalah dapat digunakan untuk segala macam bentuk kapal sehingga pembuatan bentuk yang sulit dapat diatasi dan pembangunannya mudah dilakukan serta dapat menyalurkan getaran (bagi kapal-kapal yang besar).

5. Semen Beton.

Bahan dasar dari pembuatan kapal adalah :

– Semen

– Pasir murni yang sudah dicuci bersih atau pasir silikon

– Pipa, besi beton dan anyaman kawat

– Air yang terbebas dari garam

Konstruksi bangunan kapal dengan menggunakan semen beton mahai biayanya atau kurang ekonomis, kecuaii bila dibangun di daerah yang ongkos buruhnya murah.

Membangun kapal dengan semen beton diperlukan tenaga yang cekatan dan ahli, dan diperlukan perencanaan yang matang. Penggunaan semen beton sebagai bahan konstruksi kapal hanya terbatas untuk kapal ikan yang berukuran kecil. Bahan ini kurang baik dalam menerima getaran.

6. Bahan kayu laminasi

Terbuat dari beberapa lapisan kayu baik untuk konstruksi melintang maupun memanjang, dan untuk kepentingan ini di pasaran telah tersedia kayu lapis kelautan (marine plywood). Konstruksi balokpun dapat dibuat dari beberapa lapisan kayu yang dirangkap dengan menggunakan lem khusus.

Secara umum, kapal yang terbuat dari bahan baik semen beton, fibre glass maupun bahan aluminium, pemeliharaannya lebih mudah dari pada kayu dan baja.

sumber: khansindiaweebly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>