asuransikapal_bengkelperbaikankapal

Pelemahan Rupiah Terhadap Dollar AS Pengaruhi Kinerja Industri Galangan Kapal

Nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) masih bertengger di kisaran Rp 14.400. Menguatnya dollar AS ini mempengaruhi kinerja beberapa industri, salah satunya galangan kapal.

Ketua Umum Ikatan Perusahaan Industri Galangan Kapal dan Lepas Pantai Indonesia (Iperindo), Eddy Kurniawan Logam menegaskan, pelemahan nilai tukar rupiah ini akan meningkatkan harga produksi kapal. Maklum, komponen kapal yang diimpor masih sebesar 65% sampai 70%.

Komponen yang dapat dipasok dari dalam negeri untuk membangun kapal hanya sebesar 30% sampai 35%. “Untuk kapal-kapal yang akan dibangun di kemudian hari harganya harus disesuaikan. Sebagian galangan, yang masuk penawaran ke pihak-pihak peminat sudah harus di sesuaikan dengan kurs yang baru,” kata Eddy kepada Kontan.co.id, Jumat (3/8).

Sementara, untuk perusahaan yang sudah teken kontrak, Eddy bilang ada beberapa hal yang perlu mereka lakukan salah satunya harus sudah membeli komponen dengan kurs yang lama.

“Tapi jika mereka belum mengantisipasi hal tersebut, hal ini bisa mengakibatkan kerugian karena penawaran dilakukan dalam rupiah sedangkan harga komponen diimpor,” ujarnya.

Dia berharap pelemahan nilai rupiah ini tidak berlarut-larut dan bisa stabil satu titik nantinya. Sebab apabila nilai tukar rupiah terus melemah, hal ini berpotensi menggerus laba industri galangan kapal. “Kenaikan harganya bisa sampai 3%,” imbuh Eddy.

Selain tertekan akibat melemahnya nilai tukar rupiah, Eddy juga prihatin karena order untuk pembangunan kapal masih rendah. Meski begitu, dia yakin ke depannya permintaan pembangunan kapal baru akan meningkat. “Tahun ini menurun daripada tahun sebelumnya,” katanya.

sumber: kontan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>