pelabuhankapal_tangerang

Wow, Kota Tangerang Nanti Ada Pelabuhan yang Setara Tanjung Priok

Di Tangerang akan ada pelabuhan yang hampir sama besarnnya dengan pelabuhan Tanjung Priok Jakarta atau pelabuhan Tanjung perak Surabaya, rencana akan dibangunnya pelabuhan besar itu tepat di Desa Kohod, kecamatan Pakuhaji, kabupaten Tangerang. Pelabuhan ini diproyeksikan sebagai pelabuhan kelas dua, yang menampung alur keluar masuk barang dari berbagai daerah di Indonesia.

CEO Dermaga Tangerang Maritim Internasional City, Yosep Anton Wijaya menegaskan, dipilihnya Desa Kohod kabupaten Tangerang, sebagai pelabuhan peti kemas mengingat lokasinya yang strategis.

“Desa ini sangat strategis, dekat dengan Bandara dan Jakarta. Untuk akses laut pun tak jauh kalau ke perairan utara Jakarta,” katanya, Senin (4/6/2018) seperti dikutip dari Merdeka.com.

Berdasarkan master plan yang telah ditetapkan pihaknya, pelabuhan yang akan menelan dana pembangunan hingga triliunan rupiah itu, akan dilakukan secara bertahap oleh pengembang PT Dermaga Tangerang Maritim Internasional City (TMIC).

“Untuk tahap awal kami akan lakukan pembebasan lahan, diikuti dengan peletakan batu pertama yang direncanakan pada 11 Juli 2018 nanti,” terang dia.

Sementara, untuk pembebasan lahan tahap pertama, pihaknya mengaku sudah mencapai 80 persen dari total lahan 269 hektar. “Pembebasan lahan sudah 80 persen, kami tidak melakukan penggusuran tapi merelokasi warga terdampak dengan rumah baru yang lebih sehat,” jelasnya.

Sedangkan untuk proses pembebasan lahan yang akan digunakan sebagai areal pelabuhan, sudah hampir rampung dan tak menemui kendala yang berarti. Dengan hadirnya pelabuhan baru di Tangerang, diharapkan akan menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

“Industri kelautan kita akan semakin bertumbuh dengan adanya pelabuhan ini. Bisa dibayangkan Indonesia yang 2/3 nya laut akan menjadi pemain utama dalam industri ini,” tandasnya.

sumber: bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>