pelayarankapal_asuransikapal03

PELAYARAN KAPAL RO-RO : Sumut-Thailand Buka Konektivitas Laut

Pemerintah Provinsi Sumatra Utara dan Provinsi Satun, Thailand, berencana membuka jalur pelayaran kapal Ro-Ro untuk membuka peluang peningkatan hubungan perdagangan dan pariwisata kedua kawasan.

Gubernur Sumatra Utara Tengku Erry Nuradi menuturkan, belum lama ini Pemprov menerima kunjungan rombongan misi dagang dari Provinsi Satun, Thailand, yang dipimpin oleh Wakil Gubernur dari provinsi itu, Sr Col Arthit Aroomchoot.

“Salah satu gagasan yang dibahas adalah rencana untuk membuka jalur pelayaran Ro-Ro (kapal yang bisa memuat kendaraan) antara pelabuhan Belawan—Pelabuhan Tamalang di Satun,” ujarnya, Senin (18/9).

Dia menjelaskan, Pemprov Sumut berkomitmen untuk menjalin kerja sama dengan pihak manapun untuk peningkatkan hubungan perdagangan dan pariwisata, termasuk dengan Provinsi Satun.

Pemprov Sumut menerima dengan baik tujuan kedatangan rombongam misi dagang Satun yang juga didampingi wakil Konsul Indonesia di Songkhla, Gamma Arifian Siddik.

Tengku Erry menilai potensi kedua provinsi cukup besar untuk membina hubungan perdagangan dan pariwsata yang saling menguntungkan karena memiliki kedekatan jarak.

Dia meyakini pembukaan jalur kapal Ro-Ro akan memberikan peluang besar bagi kedua pihak, baik sisi ekonomi, waktu, maupun peluang, untuk meningkatkan hubungan perdagangan dan pariwisata.

Berdasarkan keterangan resmi Pemprov Sumut, Wakil Konsul Indonesia di Songkhla, Gamma Arifian Siddik, mengatakan pihaknya menjajaki konektivitas laut Sumut—Satun melalui Pelabuhan Belawan-Pelabuhan Tamalang untuk membuka rute pelayaran dan perdagangan baru.

“Seperti konektivitas laut Indonesia—Filipina dengan menggunakan Kapal Ro-Ro Rute Bitung-Davao/General Santos yang sudah berjalan. Maka untuk Indonesia—Thailand, konektivitas Belawan—Tamalang cukup berpotensi.”

Bila Brunei, Indonesia, Malaysia, Philippines East Asean Grouth Areal (BIMP-EAGA) sudah melahirkan konektivitas Ro-Ro Indonesia—Filipina, maka menurut Gamma, untuk The Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) layak digagas hal serupa.

sumber: kalimantanbisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>