kapalcruise_asuransikapal

Biaya Sandar Kapal Cruise Dapat Diskon

Biaya sandar kapal cruise atau kapal pesiar mendapatkan potongan harga alias diskon dari Pemerintah, guna menarik minat wisatawan mancanegara (wisman).

Ya, dampaknya mulai terlihat pada Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali Selatan yang mengalami kenaikan jumlah kunjungan kapal pesiar atau cruise ship yang mengangkut wisman. Meski masih jauh dari apa yang diproyeksi dan diharapkan bersandar oleh Kemenpar RI.

Berbekal Indonesia Incorporated, sinergi bersama untuk menyelesaikan berbagai permasalahan tentang bersandarnya kapal cruise.

“Syukur Alhamdulillah, sudah ada surat edaran dari Perhubungan Laut tentang diskon biaya pelabuhan untuk cruise ship dan yacht,” kata Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kemenpar Indroyono Soesilo.

Pelabuhan Benoa berada di peringkat pertama dalam hal jumlah kunjungan kapal pesiar atau cruise mancanegara disusul oleh Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat dan Pelabuhan Tanjung Mas Semarang.

Jumlah kunjungan kapal pesiar ke Pelabuhan Benoa, Denpasar sepanjang semester I/2017 mengalami kenaikan sebesar 34% jika dibandingkan dengan periode sama tahun 2016.

“Total kapal pesiar yang bersandar di pelabuhan terbesar di Bali ini sebanyak 38 unit, sedangkan pada periode sama tahun lalu 25 unit. Kunjungan kapal pesiar itu paling banyak pada Februari dan Maret, masing-masing sebanyak 10 unit kapal pesiar,” kata General Manager Pelindo III Benoa, Ardhy Wahyu Basuki.

Kenaikan jumlah kapal pesiar itu juga berdampak positif terhadap peningkatan penumpang. Tercatat sebanyak 32.200 orang wisatawan mancanegara yang menggunakan cruise di Pelabuhan Benoa, dan sebanyak 32.052 penumpang turun.

Jumlah penumpang yang turun tersebut meningkat 28% jika dibandingkan enam bulan pertama tahun lalu hanya 23.056 orang.

Ardhy menambahkan, sebagai operator pelabuhan Benoa, perbaikan infrastruktur di pelabuhan juga terus dilakukan untuk semakin meningkatkan pelayanan terhadap kapal cruise yang datang.

“Salah satu dengan melakukan penambahan panjang Dermaga Timur yang awalnya 290 meter menjadi 340 meter.

sumber: beritatrans

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>