pelabuhan-tanjung-emas_overbrengen

Overbrengen di Pelabuhan Tanjung Emas Siap Dioperasikan

Pelabuhan memiliki peranan penting di era perdagangan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang bertujuan untuk menekan biaya logisitik agar produk Indonesia mampu bersaing di mancanegara. Hal itu mendasari Pelindo III Tanjung Emas untuk memberikan kontribusi dengan membangun Lapangan Penumpukan (Overbrengen).

Pada Rabu (31/05) bertempat di Lapangan Overbrengen Kalibaru Timur, lahan dengan luas 7.000m2 tersebut telah diresmikan. Peresmian secara simbolis dilakukan dengan pemotongan tali dengan dihadiri oleh General Manager Pelindo III Tanjung Emas dan TPKS, Kepala KSOP Capt Gajah Roseno, Kepala Kanwil DJBC Jateng Untung Basuki dan para stakeholder lainnya.

Menurut GM Pelindo III Tanjung Emas Agus Hermawan, overbrengen sangat membantu dalam mengurangi angka dwelling time di Terminal Peti Kemas Semarang. ‘Salah satu tujuan Overbrengen adalah untuk menekan angka dwelling time sehingga berdampak pada kelancaran arus logistik nasional,” ucapnya saat memberikan sambutan.

Overbrengen merupakan pemindahan lokasi lapangan penumpukan (Full Container) untuk kegiatan petikemas import di Pelabuhan Tanjung Emas. Selain itu, overbrengen dilakukan sebagai bentuk optimalisasi pemanfaatan lahan di wilayah Pelabuhan Tanjung Emas.
“Penyediaan Overbrengen juga difungsikan untuk menjaga kelancaran alur logistik petikemas, sehingga operasional pembongkaran dan pemuatan kapal yang sandar di dermaga tidak terganggu,” pungkasnya.

sumber: majalah dermaga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>