terminalpetikemas_asuransikapal

Asuransi Kapal: Arus Non Petikemas di Banjarmasin Naik 49 Persen

PT Pelindo III (Persero) melalui Pelabuhan Banjarmasin menunjukan tren arus barang yang positif jenis non petikemas di terminal konvensional. Tercatat hingga akhir Mei lalu arus barang non petikemas mengalami kenaikan sebesar 49 persen atau 653.497 ton dibandingkan pada tahun sebelumnya pada periode yang sama mencapai 438.663 ton.

Jika dilihat dari satuan meter kubik (m3) arus barang tersebut mengalami kenaikan sebesar 58 persen atau 59.271m3 dibandingkan dengan tahun 2016 yang tercatat sebesar 37.453 m3. Peningkatan arus barang tersebut terjadi pada barang berupa semen dalam bentuk kemasan dan klinker yang merupakan bahan utama dalam pembuatan semen. Selain itu, General Cargo seperti tiang pancang, pupuk dan curah cair seperti crude palm oil (CPO) juga turut berkontribusi pada kenaikan barang non petikemas tersebut.

Peningkatan jumlah arus barang juga diikuti jumlah kapal yang masuk di Pelabuhan Banjarmasin, sampai di akhir bulan Mei tahun 2017 tercatat sedikitnya 1.786 unit kapal dengan berat setara dengan 22.307.714 Gross Tonage (GT). Jumlah kunjungan kapal ini jika dibanding periode yang sama tahun 2016 menunjukkan peningkatan sebesar 0,98 persen, tercatat sebanyak 1.688 unit kapal dengan berat 15.503.495 GT.

Pencapaian tersebut menurut Manager Terminal Konvensional Hermani Gunawan dikarenakan Pelabuhan Banjarmasin sendiri selain sebagai pintu masuk arus barang juga sebagai gerbang kebutuhan logistik Kalimantan Selatan. “Maka dari itu Pelabuhan Banjarmasin memiliki peran penting bagi skema perdagangan dan transportasi di Kalimantan,” ungkap Hermani.

Tren peningkatan ini juga efek dari penerapan ICT Enterprise sejak awal tahun 2017, terutama pada sektor kinerja operasional khususnya konvensional dan multipurpose Banjarmasin yang mana proses bongkar muat, penumpukan dan pengeluaran barang berbasis web dan bersifat “real activity base” dari segi booking ataupun payment method. Kedepannya proses tersebut akan terkoneksikan pada Integrated billing system (IBS) yang mana permohonan atau permintaan kapal ataupun barang non petikemas dapat dilakukan proses transaksi dapat dimanapun dan kapanpun.

sumber: majalahdermaga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>