kapal HMS-Audacious

Pemandangan Unik Kapal dan Pesawat di Dasar Laut

Para penyelam berbagi foto-foto paling memukau kapal dan pesawat yang karam di dasar laut.

Tahun lalu, fotografer Inggris, Steve Jones, memotret bangkai pesawat bom AS B-17G dari Perang Dunia II yang masih dalam kondisi baik di lepas pantai Vis, Kroasia. Pesawat tersebut jatuh pada 1944 setelah terkena tembakan musuh, membunuh co-pilot atau pilot pembantu, Ernest Vienneau.

Menyelam di situs-situs seperti itu bisa menjadi sesuatu yang ‘menggembirakan dan spektakuler’ sekaligus ‘suram dan menyedihkan’ karena di sana ada yang meninggal, kata Jones.

Foto-foto yang dipotret Jones memiliki dampak pribadi yang mengejutkan setelah dia ikut kompetisi Underwater Photographer of the Year. Foto-fotonya yang dipublikasikan itu dilihat keluarga almarhum co-pilot tersebut, yang kemudian menghubungi Jones.

HMS Audacious adalah kapal perang Inggris pertama yang hilang pada Perang Dunia I.

“Mereka belum pernah melihat foto-foto tempat peristirahatan terakhirnya,” kata Jones. “Surat menyurat kami setelah itu lanjutan lebih berarti dibanding penyelaman itu sendiri.”

“Mulai dari masuk ke dalam kapal Perang Dunia I HMS Audacious sampai melihat dek reruntuhan Perang Dunia II SS Empire Heritage yang tertutupi tank Sherman, saya sering merasa takjub dengan apa yang telah saya lihat,” katanya.

Namun, peninggalan-peninggalan dari kisah yang paling banyak merenggut korban dalam sejarah manusia ini perlahan-lahan menghilang.

“Dalam beberapa tahun mendatang, banyak kapal dan pesawat yang hilang selama Perang Dunia akan hilang selamanya,” kata Jones.

Kapal selam Inggris, HMS Stubborn, yang tenggelam pada 1946 di Malta sewaktu Perang Dunia II.

Karena puing-puing memburuk dimakan waktu, katanya, memotretnya adalah ‘menangkap suatu titik dalam sejarah yang tidak akan pernah terlihat lagi’.

“Ketika Anda menyelam di sebuah bangkai kapal yang terbujur di dasar laut, kadang-kadang berumur lebih dari seratus tahun, rasanya waktu pun seperti berhenti,” kata Anders Nyberg, seorang fotografer lepas dari pulau Gotland di Swedia.

Teknik favoritnya adalah memamerkan benda-benda yang dikenal orang tetapi diatur dalam suasana yang aneh dan asing di dasar laut.

“Mungkin pegangan pintu, vas bunga, atau teropong, mebel, atau tembok dengan peralatan yang tergantung dengan rapi. Ini membuat saya suka, karena tak tersentuh, untuk mendapatkan foto-foto terbaik,” katanya.

Bangkai kapal seperti SS Thistlegorm -satu dari bangkai kapal terkenal di dunia- adalah di antara bangkai kapal yang suka dia foto, karena di daerah tersebut beraneka ragam kehidupan laut dan terumbu karang cantik membuat obyek foto yang kaya dengan sudut pengambilan foto lebar.

sumber: bbc

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>