asuransi marine cargo_asuransipengangkutanaca

Asuransi Marine Cargo: Menghitung Premi Asuransi Pengangkutan Barang

Asuransi pengangkutan barang merupakan upaya atau bentuk pertanggungan yang memberikan jaminan terhadap kerugian maupun kerusakan atau kehilangan  keuntungan yang terjadi atas barang-barang yang dikirim. Semula banyak orang berpendapat bahwa barang yang akan kita kirimkan melalui jasa ekspedisi atau transportasi, apabila terjadi kerusakan atau kerugian maka pihak ekspedisi yang harus bertanggung-jawab.  Akan tetapi kenyataannya pihak ekspedisi atau transportasi tersebut imun terhadap segala tuntutan kerugian yang disebabkan karena adanya bahaya-bahaya yang bersifat accidental.

Untuk mengetahui berapa Premi Asuransi yang harus dibayarkan saat memutuskan membeli polis Asuransi Angkutan Barang atau Asuransi Pengiriman Barang atau biasa disebut juga Marine Cargo Indonesia, sebelumnya kita harus menentukan Nilai Harga Pertanggungan yang akan dijamin didalam Polis tersebut.

Harga Pertanggungan
Nilai harga Pertanggungan (Insured Value / Sum Insured) dalam asuransi pengangkutan barang (marine cargo insurance) tidak terbatas hanya pada harga barang (invoice value) namun dapat meliputi:

(a) harga barang (invoice value)
(b) biaya-biaya (incidental charges) seperti biaya pengepakan (packing), transportasi darat, transportasi laut (freight),
(c) Margin 10% s/d 20% untuk
(i) biaya administrasi,
(ii) penambahan biaya, misalnya jika harus re-order karena kargo rusak atau hilang
(iii) margin keuntungan jika barang dijual di tempat tujuan (profit margin),
(d) pajak dan bea import (import duties, taxes, etc)

Oleh karena itu akan sangat penting untuk menghitung Harga Pertanggungan yang memadai agar pada saat terjadi klaim tertanggung mendapatkan kompensasi ganti rugi yang cukup. Tertanggung juga perlu untuk menyampaikan kepada Penanggung (perusahaan asuransi) perhitungan Harga Pertanggungan tersebut supaya tidak terjadi perselisihan jikalau terjadi klaim.
Setelah Itu kita menghitung Premi tersebut dengan Rumus sbb:

Harga Pertanggungan x  Tarif Rate  =  Nilai Premi
(setelah itu, ada tambahan untuk biaya Meterai dan Biaya Polis)

*dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>