kapaltangker_asuransikapal

Kapal Tangker Euronav yang Kandas akan Diapungkan Kembali Tanggal 4 Mei

Kapal tangker minyak mentah MT Alex yang belum lama ini kandas akan bisa mengapung kembali pada tanggal 4 Mei setelah rencana pengapungan kembali yang diajukan disetujui oleh otoritas yang terkait, demikian menurut manajemen kapal Euronav Ship Management

Disebutkan bahwa pihak berwenang Indonesia menyetujui rencana penyelamatan pada 27 April dan memberikan ijin untuk dilakukannya operasi meringankan muatan kapal.

Menurut jadwal yang masih mungkin berubah, operasi meringankan muatan kapal akan dimulai pada 1 Mei.

Persetujuan tersebut diberikan setelah pihak manajemen menyewa dua perusahaan penyelamat kapal, SMIT Singapore Pte Ltd dan PT Samudera Indonesia untuk melakukan pekerjaan penyelamatan yang akan termasuk meringankan kapal berbobot mati 299.446 dwt itu dengan transfer muatan antar kapal.

Kapal MT Alex mengalami masalah pertengahan April lalu ketika kandas di dasar lumpur lunak ketika dalam pelayaran antara Kalimantan dan Sumatera.

Pengawasan terus-menerus atas kondisi kapal “telah mengkonfirmasikan tidak adanya kerusakan lambung, tumpahan muatan, atau kerusakan mekanikal,” kata Euronav.

Berbagai inspeksi dan survey termasuk penilaian kondisi lambung kapal oleh surveyor Klas telah selesai dilakukan, kata Euronav, menambahkan bahwa kapal tangker buatan tahun 2016 itu kandas dengan aman dan tidak bergeser posisinya antara Kalimantan dan Sumatera.

sumber: bki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>