pelabuhanstrategis_asuransikapal

Asuransi Kapal: Ini Daftar 9 Pelabuhan Laut Tersibuk di Indonesia

Pelabuhan merupakan tempatnya kapal-kapal bersandar baik untuk penumpang maupun peti kemas. Anda pasti tahu kalau Indonesia adalah Negara kepulauan yang sebagian besarnya adalah perairan. Sehingga setiap sudut pulau di Indoensia memiliki pelabuhan untuk kapal-kapal tersebut untuk bersandar.

Pernah terpikir untuk naik kapal laut atau kapal pesiar? Atau Anda sama sekali tidak pernah datang atau naik kapal dari pelabuhan? Sayang bila Anda sama sekali tidak pernah merasakannya, padahal di Indonesia yang merupakan Negara kepulauan ini, pelabuhan adalah satu dari jalur perekonomian baik nasional maupun internasional. Karena pelabuhan di Indonesia ada beberapa yang menjadi pelabuhan tersibuk dan mungkin tak pernah tidur dalam 24 jam.

Mungkin Anda berpikir lebih cepat menggunakan pesawat atau kereta api untuk menikmati pemandangan, sehingga Anda akan lebih memilik ke stasiun ataupun bandara. Tapi tidak ada salahnya bila Anda akan liburan dan memiliki waktu yang banyak untuk menggunakan kapal laut atau ferry untuk menyeberang menuju tempat Anda berlibur.

Berikut ini ada beberapa pelabuhan di Indonesia yang besar dan tersibuk.

Pelabuhan Tanjung Priok
Pelabuhan yang terletak di Jakarta Utara ini melayani kapal penumpang dan peti kemas, Tanjung Priok merupakan pelabuhan tersibuk nomor satu di Indonesia. Ini terlihat dari saat mudik atau libur tahun baru banyak masyrakat yang menggunakan kapal laut untuk mudik. Tak hanya itu, bila Anda memasuki kawasan pelabuhan Tanjung Priok, Anda juga akan melihat peti kemas yang akan di angkut melalui kapal penumpang atau peti kemas.

Pelabuhan Tanjung Perak
Pelabuhan tersibuk nomor dua di Indonesia ini terletak di Surabaya, Jawa Timur. Di pelabuhan ini, Anda akan takjub dengan terminal dan kapal pesiar yang bersandar di salah satu dermaganya. Dikatakan tersibuk, karena Tanjung Perak juga memiliki letak yang strategis untuk perdaganga ke Indonesia Timur.

Pelabuhan Merak
Pelabuhan yang menjadi jalur penyebrangan kapal ferry menuju pulau Sumatera ini juga menjadi pelabuhan tersibuk. Di Merak, Anda akan melihat bus, kendaraan pribadi, masyarakat yang akan menumpang kapal ferry untuk menyeberang ke Sumatera melewati Selat Sunda. Pelabuhan yang memiliki 6 dermaga ini setiap harinya melayani perajalanan kapal ferry sebanyak 50 perjalanan ke Bakauheni.

Pelabuhan Bakauheni
Pelabuhan yang terletak di ujung selatan pulu Sumatera ini tepatnya di Lampung, menjadi salah satu pelabuhan tersibuk sebagai jalur penyeberangan. Tak hanya menyeberangkan orang, pelabuhan terbesar dengan fasilitas yang lengkap ini juga menjadi pelabuhan yang mengirimkan barang dari Sumatera menuju pulau Jawa.

Pelabuhan Belawan
Pelabuhan terpenting di Pulau Sumatera ini juga menjadi pelabuhan tersibuk. Tahun 2013 lalu, pelabuhan yang berada di Sumatera Utara ini mampu melayani bongkar muat peti kemas hingga 1,2 juta twenty-foot equivalent units (TEUs) pertahunnya dan meningkat hingga 2 juta TEUs pertahunnya. Bukan hanya sebagai pelabuhan peti kemas, pelabuhan ini juga mengangkut penumpang dengan kapal laut tujuan nasional ataupun internasional.

Pelabuhan Harbour Bay
Pelabuhan yang terletak di Batam ini, merupakan jalur pengakutan penumpang baik dalam maupun luar negeri. Dari sini pun bukan hanya kapal cepat atau ferry saja yang berlbuh, kapal pesiar juga mengangkut penumpang dari pelabuhan ini. Tak hanya ramai oleh pengunjung yang datang ataupun pergi dari Batam, pelabuhan ini juga menjadi salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi. Sayangnya pelabuhan ini hanya untuk penumpang, sedangkan untuk peti kemas ada di pelabuhan Batam Center.

Pelabuhan Tanjung Emas
Tak berbeda jauh dengan palbuhan lainnya, di Tanjung Emas ini juga disibukkan dengan pelayarannya baik penumpang maupun peti kemasnya.

Pelabuhan Ketapang
Pelabuhan yang terletak di Banyuwangi ini sama seperti Merk dan Bakauheni yang menjadi pelabuhan untuk penyeberangan penumpang melalui kapal ferry. Pelabuhan yang menjadi salah satu gerbang jalur masuk dari Jawa menuju Bali ini disibukkan dengan ratusan kapal ferry yang berlabuh di pelabuhan ini.

Pelabuhan Soekarno-Hatta
Bukan hanya bandara saja yang memiliki nama Soekarno-Hatta, namun pelabuhan di Makassar ini juga menjadi pelabuhan tersibuk. Terlihat kesibukan di peti kemasnya maupun penumpang yang akan menaiki kapal menuju pulau lainnya.

sumber: kabarpenumpang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>