As Mesin Patah, Kapal Penumpang dari Raha Tabrak Ruang Tunggu Pelabuhan Kendari

Kapal Motor (KM) Uki Raya 23 yang mengangkut penumpang dari Pelabuhan Muna harus menabrak ruang tunggu Pelabuhan Kendari untuk bisa sandar, Rabu (18/1) pukul 3.50 dinihari. Akibat insiden tersebut, sebuah gedung di kawasan pelabuhan Kendari mengalami kerusakan. Salah seorang penumpang juga terluka karena tergelincir saat melompat dari kapal karena panik.

Kapolsek Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3) Kendari, Iptu Rachmat Zam Zam saat ditemui usai melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) menjelaskan, insiden KM Uji Raya 23 yang bertolak dari Pelabuhan Muna pada pukul 22.00 Wita menuju Pelabuhan Kendari terjadi akibat salah satu As mesin mengalami kerusakan.

“Kapal tersebut tidak bisa mundur dan mengurangi kecepatan saat akan sandar. Akibatnya, saat melaju, kendali kecepatannya tak dapat dikontrol lagi dan menabrak gedung pelabuhan. Kerusakan itu tidak diketahui juga oleh Nahkoda kapal, makanya terjadi tabrakan tersebut,” jelas Rachmat. Kapolsek juga menjelaskan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan pada sejumlah saksi, termasuk Kepala Pelabuhan, Pemilik Kapal, Nahkoda, ABK. “Kami juga akan melakukan koordinasi dengan pihak Syahbandar untuk mengetahui kelayakan mesin KM Uki Raya 23. Setiap kapal itu ada namanya surat pemeriksaan mesin yang dikeluarkan Syahbandar. Direkomendasi itu tertera bahwa mesin kapal tersebut masih bagus atau layak digunakan. Surat itu juga ada masa berlakunya yang rutin diperiksa. Jadi seharusnya kapal sebelum berangkat dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu,” tegasnya.

Mantan Kapolsek Tinanggea itu juga mengungkapkan, bila dalam hasil penyelidikan insiden tabrakan tersebut terdapat kesengajaan atau kelalaian dari salah satu pihak, maka harus ada tersangka. “Untuk penyelidikan sementara, kerusakan komponen mesin kapal itu katanya tidak diketahui oleh pihak pemilik kapal. Namun terus akan kami lakukan penyelidikan dan menambah keterangan beberapa saksi. Karena kalau kapal tersebut memang mangalami kerusakan seharusnya tidak boleh beroperasi,” tandasnya.

sumber: Kendaripos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>