haripelautnasional

BKI Dukung Hari Pelaut Sedunia

Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) turut berpartisipasi dalam menyebarluaskan peringatan hari Pelaut Sedunia yang jatuh pada 25 Juni 2016 lalu. Sebagaimana yang dikicaukan oleh akun resmi IMO (International Maritime Organization) soal Day of The Seafarer,  25 Juni 2016.

“Ini sebagai sebuah bentuk penghargaan dan penghormatan kepada para pelaut yang telah banyak berjasa dalam pengiriman logistik ke seluruh dunia,” ujar Direktur Klasifikasi BKI Iman Satria Utama.

Ia menambahkan bahwa hari ini patut diperingati mengingat jasa para pelaut sungguh luar biasa dalam perpindahan logistik dunia,  dengan profesi yang mereka emban,  dunia telah merasakan manfaat yang luar biasa.

Dengan demikian dunia patut bangga khususnya Indonesia yang dua pertiga wilayahnya adalah lautan,  memiliki jumlah kapal niaga lebih dari 20.000 unit, memiliki pantai terpanjang di dunia,  dan sejak dulu dikenal dengan ketangguhan para pelautnya yg kemudian dikenal sebagai “Moyangnya bangsa Indonesia Pelaut!”

“Peringatan Hari Pelaut ini merupakan bentuk kesadaran, sekaligus keprihatinan bahwa profesi sebagai pelaut tangguh tidak didapatkan dari laut yang tenang,” ujar Capt. Iman.

Sementara itu, International Maritime Organization (IMO)  pada peringatan Hari Pelaut tahun ini mengambil tema “At Sea for All”. Hal itu dimaksudkan untuk mengkampanyekan peran para pelaut dunia yang sangat dibutuhkan oleh semua orang.

Tema “At Sea For All” ini memiliki hubungan yang kuat dengan tema Hari Maritim Sedunia tahun 2016, yaitu “Shipping Indispensable to the world“,yang memberi pemahaman bahwa pelaut tidak hanya bekerja untuk industri pelayaran atau karir mereka sendiri, namun untuk kita semua.

Selanjutnya mereka (para Pelaut) “sangat dibutuhkan dunia”, oleh karena itu segala kebutuhannya sudah sepatutnya terpenuhi, khususnya bagi pelaut Indonesia yang masih memiliki kehidupan di bawah standar yang telah ditetapkan IMO.

Maka dari itu, BKI berharap dengan peringatan Hari Pelaut ini, kehidupan pelaut kian meningkat dan menuju pada profesionalisme secara profesi dan kapabilitasnya.

sumber:  asuransimarineindo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>