asuransikapal_industrikomponenkapal

Industri Komponen Kapal: Sertifikasi IKM Komponen Kapal

asuransikapal_industrikomponenkapal

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian membantu fasilitas pembiayaan sertifikasi Industri Kecil Menengah (IKM) komponen kapal, untuk memperoleh sertifikasi dari Biro Klasifikasi Indonesia (BKI).

Sekjen Kemenperin, Syarif Hidayat menjelaskan fasilitas pembiayaan tersebut bertujuan memberdayakan IKM supaya lebih mudah memasok kebutuhan industri galangan kapal nasional sesuai standar. Untuk Industri Komponen kapal yang sudah mendapat sertifikat yaitu produk jendela dan pintu kapal.

“Saya yakin banyak komponen kapal yang sudah bisa dibuat oleh IKM kita,”jelas Syarif saat membuka Jakarta IKM Expo ke-VII di Jakarta akhir tahun lalu. Dia mencontohkan, IKM di Kabupaten Tegal mampu memproduksi komponen kapal yang banyak dibutuhkan oleh galangan di Indonesia.

Kualitas produk komponen kapal yang dihasilkan sudah cukup baik, namun untuk masuk kegalangan harus memiliki sertifikat BKI. Kemenperin bersama BKI dan Asosiasi Industri Komponen Kapal Indonesia (AIKKI) sebelumnya sepakat melakukan kerja sama program akselerasi sertifikasi komponen-komponen kapal produksi anggota AIKKI.

Kebijakan ini sejalan dengan upaya peningkatan daya saing produk Indonesia, penyediaan lapangan kerja dan memacu pertumbuhan ekonomi. Selain itu juga bertujuan mendorong pengusaha perkapalan di dalam negeri menggunakan produk dari industri komponen kapal Indonesia yang telah bersertifikat Class. Ke depan diharapkan hasil produksi dari industri komponen kapal bisa menembus pasar ekspor.

sumber: indonesiamaritimenews.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>